Koordinasi Kerjasama Tamanmartani dengan Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Ambarukmo Group

24 Agustus 2023
Taman Martani
Dibaca 91 Kali
Koordinasi Kerjasama Tamanmartani dengan Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Ambarukmo Group

Rapat koordinasi kerjasama antara Kalurahan Tamanmartani dengan Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Ambarukmo Group. Bertempat di Aula Kalurahan Tamanmartani. Yang telah berlangsung pada Kamis, 24 Agustus 2023 dengan narasumber Gandang Hardjanata selaku Lurah Tamanmartani, Gandi Ali selaku Mentor Tamanmartani, dan Awan Parades selaku Kasi Kamituwa.

 

Community Based Tourism (CBT)

   Pariwisata merupakan sektor yang sangat potensial untuk pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan mempunyai Multiplier Effect yang sangat luas. Karena usaha – usaha di sektor pariwisata terkait lansung dengan banyak sektor lain yang mempengaruhi kehidupan ekonomi rakyat. Konsep pengembangan pariwisata berbasis Masyarakat atau Community Based Tourism merupakan langkah yang sangat efektif untuk menjadikan sektor pariwisata memberikan manfaat optimal kepada Masyarakat.

 

Mengapa Community Based Tourism ?

   Alasan kenapa Community based Tourism diusung oleh Kalurahan Tamanmartani karena berdasarkan wilayah, Kalurahan Tamanmartani sangat strategis dalam mengembangkan potensi pariwisata yang ada. Itu bisa terjadi dikarenakan wilayah Kalurahan Tamanmartani termasuk Kawasan Strategis Nasional (KWN) disebabkan wilayah Kalurahan Tamanmartani berbatasan langsung dengan situs Candi Prambanan dan beberapa cagar budaya serta lokasi wisata. Untuk menyerap turis domestic maupun mancanegara, Kalurahan Tamanmartani ingin menarik wisatawan tersebut dengan cara memanfaatkan potensi yang ada di wilayah Kalurahan Tamanmartani.

 

Siapa yang melakukan ?

   Dengan minimnya pengalaman Kalurahan Tamanmartani dalam mengelola potensi pariwisata, maka Kalurahan menggandeng beberapa pihak yang dianggap kompeten dalam membantu pengembangan pariwisata tersebut. Pucuk dicinta ulam pun tiba, Kalurahan Tamanmartani dapat bekerjasama dengan Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Ambarukmo Group dalam membangun wisata yang ada di Kalurahan Tamanmartani.

 

Apa yang Dilakukan ?

   Universitas Atma Jaya Yogyakarta bersama dengan Ambarukmo Group mempunyai gagasan dengan memberdayakan Masyarakat yang sudah mempunyai bibit pariwisata, beberapa diantaranya adalah pengembangan Homestay, pembuatan paket wisata, dan pemetaan potensi wisata yang ada di Kalurahan Tamanmartani.

 

Bagaimana caranya ?

   Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Ambarukmo group mempunyai beberapa rencana untuk meningkatkan potensi wisata diantaranya pelatihan guide lokal, pelatihan Homestay, memaksimalkan potensi UMKM yang ada di Kalurahan Tamanmartani, pembuatan paket wisata yang terintregasi, dan membantu mendatangkan turis domestik dan mancanegara.